-->

Penyebab Rantai dan Gear Motor cepat Rusak. Berikut cara mengatasinya.

cara menyetel rantai dan penyebab rantai dan gear cepat aus/lancip

balapSport- Gear set dan rantai adalah salah satu penyumbang terbesar performa motor, jadi gear dan rantai murapakan komponen yang penting pada motor. khususnya untuk motor manual bukan matik..

Kali ini balapSport akan membahas tentang penyebab gear dan rantai motor cepat aus / kendor, dan cara mengatasinya. silahkan meluncur kebawah dan simak baik-baik.

Penyebab Gear dan Ratai Motor cepat aus/rusak:

Sebenarnya simple asal kita sering memeriksa kondisi fisik motor, semua itu bisa dicegah, tapi kebanyakan para pemilik kurang apik / memperhatikan motornya, bahkan terkesan jorok dan asal jalan tanpa merawatnya.

Jika kurang terawat gear akan cepat lancip disebabkan oleh sering kali rantai motor dalam keadaan kering dan berkarat serta mengeluarkan bunyi berisik. Selain itu rantai jarang dibersihkan yang membuat umur gear dan rantai motor semakin singkat.

Satu lagi Minta dilem biru alias Di Lempar Beli yang baRu.

Tapi semua itu dapat dicegah berikut cara mengatasinya :  Kecuali yang dilem biru tadi. :D

Pertama : selalu menjaga kebersihan rantai, kenapa..? Jika rantai kotor bisa menghabat pergerakan rantai dan membuat rantai cepat kendur/melar, jadi usahakan selalu membersihkan rantai, bisa dengan cara mencucinya atau menggunakan cairan Marloon bisa juga dengan produk pembersih rantai lainnya.

Kedua: Pelumas rantai, pakailah pelumas rantai motor / Chain Lube seprotkan setelah membersihkan rantai atau saat rantai kering, selain itu pelumas bisa melindungi dan mencegah karat pada rantai motor, dan juga mengurangi gesekan saat rantai bekerja, ini juga bisa membuat gear menjadi awet.
tips dan trik merawat rantai motor supaya lebih awet
Jika melumasi rantai motor jangan pakai oli mesin bekas, karena mengakibatkan debu kotoran cepat menempel dan membandel, tapi bisa diatasi dengan rutin membersihkannya, lebih baik pakai penyemprot khusus rantai.

Ketiga : Setelan rantai, cara menyetel rantai yang benar, usahakan setelan rantai dengan tepat , jangan terlalu kencang pasalnya jika keadaan nanjak atau bermuatan lebih bisa juga saat motor dengan kecepatan tinggi,  rantai bisa potong, karena saat mesin mengerakkan rantai, rantai akan bergerak naik turun atau kenceng kendor.
penyebap rantai dan gear motor cepat rusak adalah kotor , kering dan minta di ganti.
Pergerakan Rantai
Namun , sebaliknya jika rantai terlalu kendor gear akan cepat aus / habis, jadi harus pas dan tepat, satu lagi setelan ban usahakan disetel pas center, jangan miring , karena bisa merubah fisik rantai menjadi mleot-mleot dan motor juga jadi kurang nyaman saat dikendarai.

Keempat : Step Ini yang paling penting dari cara diatas, karena jika ini tidak dilakukan semua akan sia-sia penasaran ...? Oke yang keempat adalah .. praktek..hahahaha..percuma kalo tau caranya tapi tidak dipraktekin.

Ya begitulah tips dan trik merawat rantai dan gear motor menurut pengetahuan saya, jadi kalo beda sama yang lain harap dimaklum..okeee..

Share On

Subscribe to receive free email updates: