-->

Meski kena pinalti " Rea menang pada race 1 WSbk Belanda"

rea menang dramatis, pada race 1world superbike assen belanda

balapSport- race 1 WSbk Assen-  Jonathan Rea mendapat hukuman penalti turun tiga posisi di grid start untuk World Superbike Belanda. Tom Sykes akan start dari pole position.

Rea terlibat insiden dengan Chaz Davies (Ducati) saat menjalani sesi kualifikasi fase kedua (Superpole 2) di Sirkuit Assen, pada Sabtu (29/4).

Race Direction menganggap Rea melambat di trek dan menghambat laju Davies. Keduanya bahkan sempat terlibat perang kata-kata di parc ferme, meski kemudian Rea meminta maaf kepada Davies.

Meski demikian, Rea mampu merangsek ke depan selepas start. Bahkan ia tak butuh waktu lama untuk merebut posisi kedua dari rekan satu tim Tom Sykes pada lap pembuka. Rea lalu membuntuti ketat di belakang Davies.

Hingga memasuki pertengahan lap, Davies masih kokoh memimpin di depan. Upaya Rea untuk menyalip belum juga membuahkan hasil, meski kedua pembalap hanya terpaut 0,117 detik.

Menjelang berakhirnya balapan, duel perebutan posisi pertama semakin ketat antara Davies dan Rea. Dan pada dua lap terakhir, tepatnya di tikungan terakhir, terjadi drama.

Motor Ducati yang dikendarai Davies tiba-tiba kehilangan tenaga. Ia berusaha keras untuk kembali menyalakan mesin, tapi motor akhirnya berhenti di pinggir trek. Davies pun harus menerima kenyataan tidak finis di Assen.

Tak pelak, masalah yang dialami Davies membuka jalan bagi Rea untuk melewati garis finis lebih dulu. Pembalap Kawasaki itu keluar sebagai pemenang dan sekaligus memastikan kemenangan keenam pada musim 2017.

“Saya senang bisa menang di Assen. Sejak awal feeling saya baik dengan trek ini. Saya kesulitan dengan kecepatan saat balapan. Davies begitu rapat menutup ruang. Dia melakukan pekerjaan yang bagus,” ucap Rea usai balapan.

Posisi kedua ditempati Sykes, melengkapi dominasi Kawasaki di seri keempat WorldSBK Belanda. Marco Melandri finis ketiga, yang mana sedikit mengurangi luka Ducati karena kegagalan finis Davies.

Xavi Fores finis keempat, di depan Lorenzo Savadori. Pembalap Honda, Stefan Bradl, meraih hasil apik dengan keberhasilan finis keenam. Roman Ramos fnis ketujuh dan Leandro Mercado berada di belakangnya. Posisi finis kesembilan ada Eugene Laverty, yang mengungguli Leon Camier pada posisi 10 besar.

Dengan kemenangan ini, Rea memperpanjang keunggulan menjadi 170 poin di klasemen sementara. Sykes di peringkat kedua dengan 111 poin. Melandri pada peringkat ketiga (97 poin), Davies peringkat keempat (95 poin) dan Lowes peringkat kelima (65 poin).

Hasil Race 1 WorldSBK Belanda:

  1. Jonathan Rea Kawasaki
  2. Tom Sykes Kawasaki
  3. Marco Melandri Ducati
  4.  Xavi Fores Ducati   
  5.  Lorenzo Savadori Aprilia
  6.  Stefan Bradl Honda
  7.  Roman Ramos Kawasaki
  8.  Leandro Mercado Aprilia
  9.  Eugene Laverty Aprilia
  10.  Leon Camier MV Agusta
  11.  Randy Krummenacher Kawasaki
  12.  Alex de Angelis Kawasaki
  13.  Raffaele De Rosa BMW
  14.  Nicky Hayden Honda
  15.  Ayrton Badovini Kawasaki
  16.  Ondrej Jezek Kawasaki

DNF
  Chaz Davies Ducati
  Jordi Torres BMW
  Alex Lowes Yamaha
  Riccardo Russo Yamaha
  Michael van der Mark Yamaha

Race 2 WorldSBK Belanda akan digelar pada Minggu (30/4) , pukul 18:00 WIB.
Share On

Subscribe to receive free email updates: