-->

Cara merawat mesin motor agar lebih awet dan tidak cepat mengeluarkan asap.

Tips-dan-trik-merawat-mesin-motor-supaya-awet-dan-tidak-cepat-mengeluarkan-asap

Cara merawat mesin motor agar lebih awet dan tidak cepat keluar asap dari knalpot.

Cara merawat mesin motor tentu menjadi salah-satu yang wajib di lakukan agar umur motor kita lebih tahan lama saat dibutuhkan tetap ready tanpa ada kendala atau mogok. kan repot juga lagi pas dibutuhin atau buru-buru telat kerja ehh motornya mogok..kan ndak lucu.

Oke kali ini balapsport akan membahas tetang merawat mesin dan Knalpot berasap. ini khusus untuk motor 4 tak. Kalo 2 tak udah di takdirkan mengeluarkan asap.

pertama yang harus di perhatikan adalah Oli mesin, kebanyakan Orang masih menganggap sepele, padahal ini salah satu penyebap mesin motor cepat mengeluarkan asap dan unjung-ujungnya rusak terus turun mesin.

Jadi kita harus rajin-rajin ngecek / menggati oli nya, yaa.. minimal sebulan sekali lah, itu sudah oke, tidak harus yang mahal semampunya kita aja, yang terpenting rutin sebulan sekali. 

saya pernah kejadian kehabisan oli, emang motor tersara kenceng, dan ringan larinya, ehh pas saya cek olinya mengenaskan alias kering. ternya usai diganti olinya langsung sulapan dari knalpot keluar asap putih. mukul kepala ujung-ujungnya duit lagi..  hadeehhh.

Kedua  servis, kalo bagi saya ini tidak terlalu berpengaruh, buktinya motor saya hampir tidak pernah diservis, lancar-lancar aja, tapi lebih bagus lagi kalo di servis, sekalian ganti oli.

Ketiga solar nya, alias BBM ini patut diperhatikan kalo umumnya motor diissi premium, tapi lebih baik isi dengan pertamax atau yang 99% tanpa timbal. contohnya pertalite dan pertamax dll
Ini berpengaruh ke performa motor,  meski jarang diservis juga tidak masalah, karena pertamax dipercaya bisa membersihkan karbulator dan lebih irit di bandingkan premium..

Keempat dari cara mengendarai, demi keamanan diri sendiri dan orang lain juga untuk mesin, jangan suka kebut-kebutan, terus gas juga jangan sering di mainin / tarik ulur gas, biasanya anak-anak ABG /anak alay kalo naik motor wuuusss,, kaya pembalut. 

Jadi di usahakan jangan ngebut atau gas pol rem pol karena ini selain berpengaruh ke mesin bensin juga jadi boros. Dan sayangilah nyawa kita.

Kelima ini yang wajib di simak, selain semua yang diatas tadi ini ada yang lebih berpengaruh, yaitu cara memanaskan mesin.

Ini biasanya orang yang paling males dilakukan, selain ribet dan juga tidak sabar pengennya lansung tancap gas, kalo kepingin motor kita awet jadi harus di panasin terlebih dahulu. Kalo ditanya emang kenapa harus di panasin..?

ya pasalnya kalo pagi hari atau usai berhenti lama Oli mesin posisinya berada dibawah dan sekher mesin dalam keadaan kering, gampangnya aja ibarat orang bangun tidur langsung disuruh lari coba banyangin..? Bisa-migran migran seharian..

Jadi pemanasan itu sangat penting dan cara manasinnya pas nyala jangan lansung ditancap gas. jadi pelan dulu kiranya oli udah naik baru tancap gas, atau lebih baik lagi diselah dulu beberapa kali sebelum dipanasin.

begitulah kira-kira tips & triknya merawat mesin motor menurut pengalaman saya, dan sudah terbukti, Semoga artikel diatas bermanfaat. terimakasih atas kunjunganya.

Share On

Subscribe to receive free email updates: